Selasa, 21 Juni 2011

APLIKASI CLOUD COMPUTING - DROPBOX



CLOUD COMPUTING

adalah sebuah istilah yang menggabungkan antara pemanfaatan teknologi komputer dengan pengembangan berbasis internet. Cloud computing itu semacam aplikasi yang beban yang adanya tidak menumpuk pada PC atau komputer yang dimiliki. Cukup dengan memanfaatkan layanan diinternet yang berbasis cloud computing sudah dapat mewakili. Maksudnya tanpa harus menginstal program di PC kita, kita dapat memakai aplikasi tersebut dengan menggunakan layanan internet.
Salah satunya adalah DROPBOX.


DROPBOX
adalah sebuah layanan backup, sharing file dan sinkronisasi file yang memanfaatkan jalur internet sehingga siapapun yang punya akses internet dapat melakukan sinkronisasi dari seluruh penjuru dunia. Layanan dropbox tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan Malcintosh. Bahkan juga tersedia untuk perangkat bergerak misalnya iphone, ipad, blackberry dan android.


Dengan layanan ini kita dapat membentuk suatu grup untuk dapat melakukan sharing file. Seperti yang dilakukan penulis yaitu melakukan sharing file sesama teman sekelas. Pada layanan ini untuk melakukan sharing file, harus terlebih dahulu mendaftarkan orang yang ingin diajak sharing. Telebih dahulu orang tersebut harus register terlebih dahulu, sama seperti kita. Setelah itu buat folder yang dapat dijadikan sebagai tempat sharing. Disini terdapat 2 tempat yaitu tempat folder privacy dan sharing. Folder privacy tidak dapat dilihat orang lain karena keterbatasan hak aksesnya.

Jadi dengan aplikasi ini, seorang yang ingin menyimpan dan berbagi file dapat dilakukan tanpa harus menginstal dahulu aplikasinya, cukup dengan mengakses web dropbox lalu register user. Cukup dengan mengakses halaman. : www.dropbox.com.

1 komentar:

  1. Pertamax...

    Kunjungi blog ane ya gan

    http://bagshare.blogspot.com/

    BalasHapus