Minggu, 25 April 2010

Pengantar Ogre 3D

Sebelum masuk lebih dalam lagi mengenai Ogre 3D, alangkah baiknya melihat penjelasan umum dan sejarah dari game engine tersebut.

Penjelasan dan Sejarah Ogre 3D

Ogre 3D singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine. Merupakan engine untuk rendering grafikal yang Open Source. Ogre ini bersifat hanya sebagai plug-in yang ditanam umum menambahkan librarybya yang merupakan sebagai perender yang tangguh dan banyak orang bilang ini sebagai game engine. Berdasar dari FAQ(Frequently Asked Question) dari Ogre 3D wiki, Ogre sebenarnya bukan Game Engine tetapi hanya merupakan Graphic Engine. Namun, Ogre 3D dapat dengan mudah disatukan dengan library lain untuk membuat game. Dibuat oleh beberapa orang dari tim dari sebuah komunitas. Para developernya : Steve ’sinbad’ Streeting, Brian ‘praetor’ Johnstone, Assaf Raman, Holger ‘CABAListic’ Frydrych, Dave ‘masterfalcon’ Rogers, Noam ‘Noman’ Gat, Nir Hasson dan beberapa anggota lain yang sudah keluar/pensiun dari tim tersebut. Ogre ini dapat di-jalankan menggunakan beragam jenis hardware (support 3D) tentu dengan performa yang berbeda juga.

Contohnya,

· NVidia: Geforce2 atau lebih baru, Geforce 4(non-mx) (disarankan yang lebih baik)

· ATI: Radeon 7500 or higher required, Radeon 9600 (disarankan yang lebih baik)


Spesipik lebih detailnya lagi, yaitu contohnya komputer saya :

Perangkat yang dibutuhkan :

1. Hardware*

· Intel Pentium 4 CPU 2.26 GHz

· Memory 1024MB

· NVIDIA GeForce FX 5500 256MB, 128Bit

· DirectX 9.0c

· File library d3dx9d_30.dll

· HDD 80GB

*) spesifikasi komputer yang saya miliki

2. Software

· VS2008 Service Pack 1

· Ogre 1.6.5 SDK for Visual C++ .Net 2008 (9.0)

. DirectX SDK Update agustus 2009


Library Graphic yang dapat bekerja dengan Ogre disarankan menggunakan minimal OpenGL versi 1.2.1 dan OpenGL ES 1.1. Dalam menjalankan Ogre harus memiliki dasar pemrograman yang pastinya dimiliki seorang Programer. Terutama pengetahuan dalam penggunaan Bahasa C++ akan memberikan kemudahan dalam penggunaan Engine Ogre. Sesuai tipe Ogre yang Object Oriented. Dalam penggunaanya Ogre harus menggunakan Language Binding. Beberapa diantaranya : Python-Ogre (Ogre Wrapper dengan Python), Ogre4j (Ogre Wrapper dengan Java), MOGRE (Ogre Wrapper untuk .NET – C# dab VB.NET.


Library yang dibutuhkan agar kita dapat membuat game diantaranya : Sound, Networking, Input, Collision. Ogre tidak langsung dimuat dengan libarary tersebut. Meskipun Ogre memilki interface yang memudahkan pembuatan dan penggabungan dengan aplikasi yang sudah ada. Ogre tidak hanya terhenti dalam platform spesifik berdiri sendiri untuk pembuatan game. Format file yang support dengan Ogre 3D : .bsp Quake bsp file, .shader Quake 3 shader file, .ttf True type font file, .png, .tga, .jpg, .raw, .gif, .dds (format grafis gambar), .cg Cg shader file, .asm Assembly shader file, .zip, .xml XML file, .xsd XML schema file (menunjukan beberapa file Ogre base-nya XML), .log Text output file used untuk debug dan memori.


Sejarah singkat Ogre 3D :

¨ Tahun 1999

Sinbad mulai merencanakan proyek library baru yang dapat menjadi API dan berdasar Platform.
¨ 25 Februari 2000

Sourceforge project didaftarkan, OGRE menjadi namanya.
¨ Februari 2005

Ogre v1.0.0 "Azathoth" Rilis Final - resource system overhaul, hardware pixel buffers, HDR, CEGui, XSI exporter
¨ Maret 2005

Ogre mendapat penghargaan 'Project of the Month' di Sourceforge
¨ 4 November 2005

Ankh di rilis dan menjadi proyek komersial pertama menggunakan Ogre
¨ 7 Mei 2006

Ogre 1.2 "Dagon" rilis secara ofisial
¨ 25 Maret 2007

Ogre 1.4 "Eihort" rilis secara ofisial
¨ 28 Agustus 2008

Ogre 1.6 "Shoggoth" rilis secara ofisial (versi 1.6.5 Stable Release)


¨ 21 Desember 2009

Ogre 1.7 RC1 "Ctchugha" rilis secara ofisial (1.7.0 PreRelease)
¨ 28 February 2010

Ogre 1.7 "Cthugha" rilis secara ofisial (1.7.0 Stable Release)


Referensi :

-http://www.ogre3d.org/wiki/index.php/Brief_history_of_OGRE

-http://www.ogre3d.org/wiki/index.php/GetStarted

-projek Grafkom saya

1 komentar: