Minggu, 25 April 2010

Sejarah Game

Agar lebih mencintai game, tidak salahnya kita tengok sejar game terdahulu sampai sekarang.

Sejarah Game

Computer game pertama kali diperkenalkan oleh seseorang bernama William Higinbotham pada tahun 1958. Pada tahun tersebut Willy mendirikan Brookhaven Nation Laboratory (NBL’s) Instrumentation Division. Pada tahun yang sama NBL mengadakan pameran yang akan didatangi oleh ribuan orang. Dari pengalaman sebelumnya, para pengunjung tidak tertarik dengan pameran yang biasa-biasa saja. Jadi Willy mencetuskan ide untuk membuat sebuah video game tennis. Namun game tersebut tidak terdengar lagi sejak tahun 1959 karena Willy tidak mematenkan gamenya tersebut. Sampai akhirnya pada tahun 1983, ada seorang Creative Computing Editor yang bernama David Ahl, mengenalkan kembali game tersebut kepada masyarakat. David berpikir bahwa karya Willy ini harus diperkenalkan kembali, karena ia menilai karya David sangatlah penting.
Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.

Game generasi kedua
Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.
Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.

Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.
Setelah itu muncullah berbagai jenis video game atau computer game. Salah satu video game yang cukup terkenal di tahun 90-an adalah Nintendo dengan permainan Mario Bross dan Sega dengan permainan Street Fighter dan lain sebagainya.

Kini sudah banyak vendor-vendor selain Nintendo dan Sega yang membuat berbagai jenis game. Sebut saja Sony Playstation dan XboX. Selain jenis console game yang disebutkan tadi, ada pula beberapa vendor yang menciptakan game khusus digunakan pada PC Desktop (atau computer rumah yang biasa kita pakai).
Dari game-game yang ada saat ini, tersedia banyak genre. Jadi kadang kita suka keliru dalam menentukan genre game apa yang kita mainkan. Sekarang saya akan membahas berbagai genre game pada computer game. Genre game yang saat ini adalah Action Game, Adventure game, Role Playing Game, Simulation Game, Strategy Game, dan Vehicle Simulation Game.
Action Game merupakan game yang berisi pertarungan. Sebagai contoh Street Fighter dan Tekken. Namun game bergenre ini juga terkadang dikolaborasikan dengan tambahan petualangan (Adventure). Contohnya adalah The Legend of Zelda series.
Adventure Game merupakan genre game yang mengharuskan player untuk memecahkan puzzle atau teka-teki melalui instruksi dengan lingkungan dalam game tersebut. Contoh dari gameplay jenis ini adalah Dragon Lair’s.
Role Playing Game atau biasa disingkat RPG merukapan game dimana karakter milik player akan berpetualang dan memiliki skill combat yang nantinya bisa ditingkatkan. Contoh game ini adalah Diablo 1 & 2.

Simulation Game merupakan game yang bisa memberikan pengalaman melalui simlusi. Contohnya seperti Sim City. Game tersebut mensimulasikan dalam membangun sebuah kota.
Strategy Game merupakan game yang berfokus pada pemikiran yang tepat agar dapat meraih kemenangan. Contoh dari game ini adalah Warcraft series seperti DOTA.
Vehicle Simulation Game sebenarnya hampir sama dengan Simulation Game. Hanya saja kalau gameplay jenis Vehicle Simulation Game lebih difokuskan dalam mensimulasi dalam mengendarai suatu kendaraan. Vehicle Sinulation Game biasanya dibuat mendekati kenyataan. Hal ini karena fungsi dari gameplay jenis sangatlah penting. Sebagai contoh adalah simulasi menerbangkan pesawat bagi para pilot pemula.

Game juga terbagi atas game online dan game offline. Khusus untuk game online biasanya dimainkan di PC Desktop. Perbedaan game online dengan game offline adalah dari proses interaksi antara user atau player dari game itu sendiri. Pada game offline, interaksi antara user hanya bisa dimainkan dalamatu tempat. Contoh dalam bermain Winning Eleven pada Sony Playstation. Game ini bisa dimainkan oleh dua player, namun dua orang player tersebut harus berada dalam satu tempat, misalnya dalam satu kamar. Sedangkan game online selain bisa menampung jumlah pemain atau player yang lebih banyak, game ini bisa dilakukan di tempat yang berbeda. Sebagai contoh permainan Counter Strike pada PC Desktop. Dalam permainan ini bisa menyandingkan pertandingan antar player yang berada di tempat yang berbeda, misalnya palyer yang satu di Indonesia sedangkan player yang lain berada di Amrika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar