Minggu, 25 April 2010

Pengantar Ogre 3D

Sebelum masuk lebih dalam lagi mengenai Ogre 3D, alangkah baiknya melihat penjelasan umum dan sejarah dari game engine tersebut.

Penjelasan dan Sejarah Ogre 3D

Ogre 3D singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine. Merupakan engine untuk rendering grafikal yang Open Source. Ogre ini bersifat hanya sebagai plug-in yang ditanam umum menambahkan librarybya yang merupakan sebagai perender yang tangguh dan banyak orang bilang ini sebagai game engine. Berdasar dari FAQ(Frequently Asked Question) dari Ogre 3D wiki, Ogre sebenarnya bukan Game Engine tetapi hanya merupakan Graphic Engine. Namun, Ogre 3D dapat dengan mudah disatukan dengan library lain untuk membuat game. Dibuat oleh beberapa orang dari tim dari sebuah komunitas. Para developernya : Steve ’sinbad’ Streeting, Brian ‘praetor’ Johnstone, Assaf Raman, Holger ‘CABAListic’ Frydrych, Dave ‘masterfalcon’ Rogers, Noam ‘Noman’ Gat, Nir Hasson dan beberapa anggota lain yang sudah keluar/pensiun dari tim tersebut. Ogre ini dapat di-jalankan menggunakan beragam jenis hardware (support 3D) tentu dengan performa yang berbeda juga.

Contohnya,

· NVidia: Geforce2 atau lebih baru, Geforce 4(non-mx) (disarankan yang lebih baik)

· ATI: Radeon 7500 or higher required, Radeon 9600 (disarankan yang lebih baik)


Spesipik lebih detailnya lagi, yaitu contohnya komputer saya :

Perangkat yang dibutuhkan :

1. Hardware*

· Intel Pentium 4 CPU 2.26 GHz

· Memory 1024MB

· NVIDIA GeForce FX 5500 256MB, 128Bit

· DirectX 9.0c

· File library d3dx9d_30.dll

· HDD 80GB

*) spesifikasi komputer yang saya miliki

2. Software

· VS2008 Service Pack 1

· Ogre 1.6.5 SDK for Visual C++ .Net 2008 (9.0)

. DirectX SDK Update agustus 2009


Library Graphic yang dapat bekerja dengan Ogre disarankan menggunakan minimal OpenGL versi 1.2.1 dan OpenGL ES 1.1. Dalam menjalankan Ogre harus memiliki dasar pemrograman yang pastinya dimiliki seorang Programer. Terutama pengetahuan dalam penggunaan Bahasa C++ akan memberikan kemudahan dalam penggunaan Engine Ogre. Sesuai tipe Ogre yang Object Oriented. Dalam penggunaanya Ogre harus menggunakan Language Binding. Beberapa diantaranya : Python-Ogre (Ogre Wrapper dengan Python), Ogre4j (Ogre Wrapper dengan Java), MOGRE (Ogre Wrapper untuk .NET – C# dab VB.NET.


Library yang dibutuhkan agar kita dapat membuat game diantaranya : Sound, Networking, Input, Collision. Ogre tidak langsung dimuat dengan libarary tersebut. Meskipun Ogre memilki interface yang memudahkan pembuatan dan penggabungan dengan aplikasi yang sudah ada. Ogre tidak hanya terhenti dalam platform spesifik berdiri sendiri untuk pembuatan game. Format file yang support dengan Ogre 3D : .bsp Quake bsp file, .shader Quake 3 shader file, .ttf True type font file, .png, .tga, .jpg, .raw, .gif, .dds (format grafis gambar), .cg Cg shader file, .asm Assembly shader file, .zip, .xml XML file, .xsd XML schema file (menunjukan beberapa file Ogre base-nya XML), .log Text output file used untuk debug dan memori.


Sejarah singkat Ogre 3D :

¨ Tahun 1999

Sinbad mulai merencanakan proyek library baru yang dapat menjadi API dan berdasar Platform.
¨ 25 Februari 2000

Sourceforge project didaftarkan, OGRE menjadi namanya.
¨ Februari 2005

Ogre v1.0.0 "Azathoth" Rilis Final - resource system overhaul, hardware pixel buffers, HDR, CEGui, XSI exporter
¨ Maret 2005

Ogre mendapat penghargaan 'Project of the Month' di Sourceforge
¨ 4 November 2005

Ankh di rilis dan menjadi proyek komersial pertama menggunakan Ogre
¨ 7 Mei 2006

Ogre 1.2 "Dagon" rilis secara ofisial
¨ 25 Maret 2007

Ogre 1.4 "Eihort" rilis secara ofisial
¨ 28 Agustus 2008

Ogre 1.6 "Shoggoth" rilis secara ofisial (versi 1.6.5 Stable Release)


¨ 21 Desember 2009

Ogre 1.7 RC1 "Ctchugha" rilis secara ofisial (1.7.0 PreRelease)
¨ 28 February 2010

Ogre 1.7 "Cthugha" rilis secara ofisial (1.7.0 Stable Release)


Referensi :

-http://www.ogre3d.org/wiki/index.php/Brief_history_of_OGRE

-http://www.ogre3d.org/wiki/index.php/GetStarted

-projek Grafkom saya

Sejarah Game

Agar lebih mencintai game, tidak salahnya kita tengok sejar game terdahulu sampai sekarang.

Sejarah Game

Computer game pertama kali diperkenalkan oleh seseorang bernama William Higinbotham pada tahun 1958. Pada tahun tersebut Willy mendirikan Brookhaven Nation Laboratory (NBL’s) Instrumentation Division. Pada tahun yang sama NBL mengadakan pameran yang akan didatangi oleh ribuan orang. Dari pengalaman sebelumnya, para pengunjung tidak tertarik dengan pameran yang biasa-biasa saja. Jadi Willy mencetuskan ide untuk membuat sebuah video game tennis. Namun game tersebut tidak terdengar lagi sejak tahun 1959 karena Willy tidak mematenkan gamenya tersebut. Sampai akhirnya pada tahun 1983, ada seorang Creative Computing Editor yang bernama David Ahl, mengenalkan kembali game tersebut kepada masyarakat. David berpikir bahwa karya Willy ini harus diperkenalkan kembali, karena ia menilai karya David sangatlah penting.
Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.

Game generasi kedua
Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space, game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang kemudian menjadi Pong.
Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.

Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.
Setelah itu muncullah berbagai jenis video game atau computer game. Salah satu video game yang cukup terkenal di tahun 90-an adalah Nintendo dengan permainan Mario Bross dan Sega dengan permainan Street Fighter dan lain sebagainya.

Kini sudah banyak vendor-vendor selain Nintendo dan Sega yang membuat berbagai jenis game. Sebut saja Sony Playstation dan XboX. Selain jenis console game yang disebutkan tadi, ada pula beberapa vendor yang menciptakan game khusus digunakan pada PC Desktop (atau computer rumah yang biasa kita pakai).
Dari game-game yang ada saat ini, tersedia banyak genre. Jadi kadang kita suka keliru dalam menentukan genre game apa yang kita mainkan. Sekarang saya akan membahas berbagai genre game pada computer game. Genre game yang saat ini adalah Action Game, Adventure game, Role Playing Game, Simulation Game, Strategy Game, dan Vehicle Simulation Game.
Action Game merupakan game yang berisi pertarungan. Sebagai contoh Street Fighter dan Tekken. Namun game bergenre ini juga terkadang dikolaborasikan dengan tambahan petualangan (Adventure). Contohnya adalah The Legend of Zelda series.
Adventure Game merupakan genre game yang mengharuskan player untuk memecahkan puzzle atau teka-teki melalui instruksi dengan lingkungan dalam game tersebut. Contoh dari gameplay jenis ini adalah Dragon Lair’s.
Role Playing Game atau biasa disingkat RPG merukapan game dimana karakter milik player akan berpetualang dan memiliki skill combat yang nantinya bisa ditingkatkan. Contoh game ini adalah Diablo 1 & 2.

Simulation Game merupakan game yang bisa memberikan pengalaman melalui simlusi. Contohnya seperti Sim City. Game tersebut mensimulasikan dalam membangun sebuah kota.
Strategy Game merupakan game yang berfokus pada pemikiran yang tepat agar dapat meraih kemenangan. Contoh dari game ini adalah Warcraft series seperti DOTA.
Vehicle Simulation Game sebenarnya hampir sama dengan Simulation Game. Hanya saja kalau gameplay jenis Vehicle Simulation Game lebih difokuskan dalam mensimulasi dalam mengendarai suatu kendaraan. Vehicle Sinulation Game biasanya dibuat mendekati kenyataan. Hal ini karena fungsi dari gameplay jenis sangatlah penting. Sebagai contoh adalah simulasi menerbangkan pesawat bagi para pilot pemula.

Game juga terbagi atas game online dan game offline. Khusus untuk game online biasanya dimainkan di PC Desktop. Perbedaan game online dengan game offline adalah dari proses interaksi antara user atau player dari game itu sendiri. Pada game offline, interaksi antara user hanya bisa dimainkan dalamatu tempat. Contoh dalam bermain Winning Eleven pada Sony Playstation. Game ini bisa dimainkan oleh dua player, namun dua orang player tersebut harus berada dalam satu tempat, misalnya dalam satu kamar. Sedangkan game online selain bisa menampung jumlah pemain atau player yang lebih banyak, game ini bisa dilakukan di tempat yang berbeda. Sebagai contoh permainan Counter Strike pada PC Desktop. Dalam permainan ini bisa menyandingkan pertandingan antar player yang berada di tempat yang berbeda, misalnya palyer yang satu di Indonesia sedangkan player yang lain berada di Amrika Serikat.

Teknologi Game


Zaman dulu orang memainkan game hanya pada dunia nyata. Main petak umpet, main gundu, main sepak bola dan lain-lainnya itu dikerjakan di dunia nyata. Orang belum berfikir bagaimana caranya memainkan permainan tanpa kondisi fisik lelah.
Namun, semuanya sudah berubah dewasa ini. Banyak teknologi game yang dapat dimainkan hanya dengan cara pemainnya duduk manis dirumah dan hanya melihat ke arah TV atau monitor. Mulai dari anak-anak sampai orang tua pun sering memainkan game didunia maya.
Saya mengenal game yaitu pada zaman Nintendo dulu yang dibelikan orang tua saya. Untung saya dulu dibelikan, jadi saya kenal game itu dari kecil.
Tetapi denga
n banyaknya orang main game itu apakah semuanya tahu apa itu pengertian game????

Pengertian Game di komputer
Game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Atau sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.
Jika dahulu game hanya menjadi monopoli anak kecil, lain halnya dengan yang terjadi sekarang. Kini sud
ah bukan hal aneh lagi jika seorang ayah dapat duduk berjam-jam bersama anaknya dalam adu kecepatan sebuah game. Dan inilah yang terjadi saat ini, game bukan monopoli anak kecil lagi.Oleh karena itu game saat ini sudah bisa dibilang sebagai mainan universal. Mulai dari balita, anak muda sampai dengan orang dewasa pun sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya game. Jika dahulu orang mungkin hanya mengenal GameWatch atau pun GameBoy, kini orang dapat memilih beragam media permainannya. Untuk bermain game, saat ini kita tinggal memilih, ingin memakai komputer desktop saja (PC) atau melalui laptop, atau dapat juga melalui perlengkapan game pabrikan seperti PlayStation atau Xbox. Bahkan saat ini PlayStation juga telah mengeluarkan perlengkapan game-nya tersebut dalam versi personal, yang disebut PSP. Sepintas, PSP sendiri mungkin mengingatkan kita pada era GameBoy, dimana sebuah game dapat dimainkan dimana pun melalui sebuah alat yang ukurannya hanya agak lebih besar dari sebuah handphone. Perlengkapan pendukung permainan yang ditawarkan pun sekarang sangat beragam, mulai dari mouse & keyboard standart, QuickCam, headset, joystick, gamepad, racing wheel, PlayGear, dan lain sebagainya.




Seolah ingin semakin dapat terserap dengan baik oleh semua kalangan usia, game pun dibuat dengan berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari level ‘Beginner’ sampai dengan ‘Advance’-pun dibuat untuk disesuaikan dengan tingkat kemahiran si pemain. Kalau sudah begini, maka game-pun mungkin juga sudah dapat dimainkan oleh balita hingga orang dewasa. Masing-masing telah dibuatkan porsi permainan mereka.Masih tentang porsi permainan, tidak hanya tingkat kesulitan saja yang disediakan secara beragam. Tipe permainan sendiri juga disediakan secara beragam. Mulai dari ‘career’ atau yang bersifat karir personal, hingga yang bersifat kompetisi dimainkan dengan banyak kompetitor atau musuh juga ada. Dan yang semakin menarik lagi dari perkembangan game adalah sifat personalisasi. Entah itu dalam jenis game balapan, perang hingga sepakbola, setiap pemain dimungkinkan untuk mendandani mobil, atau mengatur siasat perang, atau juga menyusun team atau kesebelasan sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Hal yang sangat luar biasa, karena pemain diijinkan untuk mempersonalisasikan diri mereka dalam setiap game yang dimainkan. Hal ini semakin mendekatkan imajinasi pemain ke dalam bentuk real virtual sebuah game.

Video game seringkali disalahkan sebagai penyebab semua hal yang berbau negatif, mulai dari kekerasan hingga obesitas. Namun studi terbaru justru menunjukkan manfaat sehat dari bermain video game yang mungkin bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu liburan. Bermain video game bisa meningkatkan ketajaman dan kecepatan berpikir.

Rolf Nelson, seorang profesor psikologi dari Wheaton College, Norton, Massachusetts menyebutkan bahwa video game bisa mempertajam kemampuan berpikir dan kecepatan berpikir dan meningkatkan sisi kognitif (kepandaian) otak, terutama untuk game yang bersifat action dan puzzle. Studi yang dimuat dalam Journal Perception itu melibatkan 20 orang siswa dan dilakukan dengan cara memberikan permainan video game selama sejam atau lebih. Sebelum dan sesudah bermain video game, para partisipan diminta untuk melakukan tes kecerdasan untuk mengetahui efek bermain video game terhadap fungsi otak. Dan hasilnya memang terjadi peningkatan fungsi otak pada bagian- bagian tertentu. "Bermain game yang membutuhkan tingkat perhatian dan fokus visual yang cepat dan gerakan motorik yang tepat bisa meningkatkan kecepatan dan akrasi dalam berpikir," jelas Nelson seperti dilansir Healthday, Senin (28/12/2009).
Serupa dengan penelitian yang dilakukan Nelson, sebuah studi yang dilakukan oleh Daphne Bavelier dari University of Rochester, New York juga menyebutkan bahwa para pemain videogame punya kemampuan koordinasi yang baik, mulai dari mata hingga tangan. Mereka juga diketahui punya kemampuan memproses sesuatu hal yang bersifat visual dengan cepat, mental yang lebih kuat dan kemampuan mengingat yang lebih baik.

Namun perlu studi lebih lanjut sebelum menjadikan video game sebagai bagian dari kegiatan terapi otak terutama bagi anak-anak. Meski punya manfaat dalam mengembangkan beberapa keahlian, namun bermain video game bisa menggantikan kegiatan fisik dan mempengaruhi perkembangan mental khususnya anak-anak. Untuk itu orang tua harus berperan aktif dalam memberikan jadwal bermain video game bagi anak agar tidak berlebihan. "Jadi mulai sekarang tak perlu melarang anak bermain video game. Sebaik-baiknya strategi adalah dengan menyeimbangkan antara kegiatan fisik, latihan otak dan interaksi sosial. Seseorang yang bisa menyeimbangkan itu semua akan berkembang menjadi seseorang yang hebat," ujar Nelson.



referensi :

-detik.com

www.dluvux.com/2010/03/manfaat-bermain-game.html