Sabtu, 26 Desember 2009

Membuat Character Animasi 3D ( Part 1)


Untuk membuat sebuah character animadi 3D diperlukan seringnya untuk terus mencoba dan terus berlatih. Untuk membuatnya itu gampang-gampang susah hanya dibutuhkan kesabaran saja dan sedikit berimajinasi.


Disini saya akan mencoba menjelaskan untuk membuat sebuah character 3D dengan menggunakan 3D Max 2009.
3D Max 2009 adalah sebuah program untuk membuat suatu gambar yang nantinya gambar tersebut dapat kita animasikan( bisa bergerak ). Disini juga kita bisa mengatur pencahayaannya, dan dapat melihatnya dari sebuah camera.

Disini saya akan memberitahu cara untum membuat character. Character yang saya akan buat adalah seekor kura-kura yang dapat yang bisa berdiri seperti halnya manusia.
Cara memposting saya tidak sekaligus sampai pekerjaan pembuatannya tuntas tetapi saya akan memposting nya model demi model. Untuk itu diharapkan untuk terus mengikuti perkembangan selanjutnya.
Saya beri nama kura-kura yang saya akan buat yaitu Raku ( kebalikan dari Kura ).
Untuk membuat character Raku dibagi menjadi 5 permodelan :

1. Modeling Cangkang Raku

Langkah-langkahnya :
  • Buat objek geosphere aplikasikan pada front pivot, atur ukuran radius dan segmennya misalnya berturut-turut 20 dan 1. Beri check pada Hemisphere agar objek tadi terlihat hanya setengah lingkaran.

  • Konversikan ke editable poly agar dapat menseleksi segmen. Seleksi dengan polygon dan klik bevel dan beri nilainya agar setengah lingkaran bagian depannya mengerucut.
  • Klik kanan dan pilih cut. Aplikasikan cut untuk membuat bolongan pada cangkang yang kita buat pada bagian leher dan buntut.
  • Aplikasikan seleksi polygon pada bagian yang di cut. Klik bevel dan beri nilai Height dan outline Ammount nya yaitu unutk membuat suatu bolongan dan tekan delete sehingga cangkang menjadi bolong pada bagian yang nantinya tempat leher dan buntut.

  • Lakukan hal yang sama pada bagian tempat ditaruhnya 2 tangan dan kaki, pilih mesh smooth pada modifier list agar cangkang terlihat lebih membulat.

  • Agar pada bagian blakang cangkang terlihat berkotak-kotak maka lakukan pada modifier list pilih shell. Kemudian konversikan ke editable poly dan pilih polygon dan aktivkan ignore backfacing. Buat seleksi segienam pada bagian blakang cangkang dan klik bevel dan berikan nilainya agar cangkang terlihat dipenuhi gumpalan segienam.
  • Lakukan pada segmen lainnya.
  • Setelah semuanya selesai pilih Meshsmooth agar terlihat cangkangnya membulat. Dan permodelan cangkangpun selesai.


Hasil nantinya akan seperti gambar disamping
blakang cangkang terdiri dari bersegmen-segmen


Untuk mencoba hasilnya,download file nya dengan mengklik link berikut :

http://www.ziddu.com/download/7911268/cangkang.rar.html


1 komentar: