Sabtu, 26 Desember 2009

Membuat Character Animasi 3D ( Part 3)


Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu membuat character 3D menggunakan 3D Max 2009


Jika pada postingan sebelumnya kita telah belajar untuk membuat cangkang Raku dan Tubuhnya, kemudian dilanjutkan dengan menyambungkan ke duanya, maka postingan kali ini mencoba untuk membuat Modeling sepatu dan juga Modeling sarung tangan dari Raku


Gambar diatas merupakan hasil dari modeling postingan sebelumnya

Disini kita membuat Modeling Sepatu agar Raku memberi kesan mempunyai kaki, jika tidak dibuat modeling sepatu ini ,maka Raku terlihat mempunyai kaki seperti kayu.

3. Modeling sepatu Raku

Langkah-langkahnya :
  • Sembunyikan objek tubuh sebelumnya.
  • Pilih objek box dan tatuh di top pivot. atur parameternya misalnya berturut-turut : Length, Width, Height Segs = 2, 2, dan 4.
  • Konversikan menjadi editablepoly dan seleksi semua vertex ke 2 dari bawah pada front pivot. Klik kanan pada select and uniform scale dan beri nilai pada offset screen nya sehingga menjadi bentuk menyerupai vas kecil.

  • Lalu buat vas tersebut agar memanjang pada bagian bawahnya dengan cara seleksi dengan polygon bagian depannya dan pilih kotak kecil extrude dan beri nilai pada extrusion height agar vas terlihat memanjang dan mulai terlihat seperti sepatu.
  • Buat sepatu tersebut bolong dibagian atasnya dengan cara seleksi polygon bagian atas dan pilih kotak kecil bevel dan beri nilai pada outline Ammount nya.

  • Aplikasikan meshSmooth agar terlihat membulat dan rubah nilai iterationnya menjadi 2.
  • Tampilkan lagi objek yang sebelumnya kita hiden.
  • Atur posisi sepatu pada bagian kaki lalu gandakan pada kaki sebelahnya.

  • Maka objek yang tadi sudah memakai sepatu.


4. Modeling Sarung Tangan Raku

Langkah-langkahnya:
  • Sembunyikan objek tubuh sebelumnya.
  • Buat objek box ke top pivot dan atur parameternya.
  • Konversikan editable poly dan seleksi polygon . Seleksi pada 2 bagian kanan paling atas.
  • Klik kotak kecil extrude dan beri nilai extrussionnya agar bagian tersebut memanjang dan atur kebengkokannya agar terlihat seperti jari pada bagian panjangnya tersebut.
  • Seleksi polygon lagi pada bagian lain juga untuk membuat bagian seperti jari.
  • Seleksi polygon pada bagian bawah sarung tangan dan klik bevel dan ubah nilainya dan rubah agar sarung tangan tadi bolong pada bagian bawahnya.

  • Agar lebih terlihat membulat,aplikasikan meshSmooth
  • Setelah itu tampilkan lagi objek yang sebelumnya dihilangkan dan atur po

    sisinya.
  • Buat objek sarung tangan tadi digandakan dan atur posisinya pada tangan satunya.
  • Hasilnya akan terlihat seperti gambar disamping





    Untuk mendownload hasilnya klik link dibawah ini:

    http://www.ziddu.com/download/7911299/SEPATU.rar.html


1 komentar: