Minggu, 27 Desember 2009

Membuat Character Animasi 3D ( Part 4 )

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yang membuat character 3D dengan menggunakan 3D Max 2009, Yang merupakan lanjutan dari cara membuat character animasi 3D yaitu membuat seekor kura-kura yang dinamakan Raku.


Jika pada postingan sebelumnya kita membuat cangkang, tubuh , sepatu dan sarung tangan dari Raku yang semuanya disatukan menjadi satu seperti gambar di bawah ini :



Maka kali ini kita tinggal membuat bagian rangka kepala ditambah disertai isi dari kepalanya yaitu mulut dan mata.

5. Modeling kepala Raku dan isinya

Langkah-langkah :
  • Sembunyikan objek yang sebelumnya.
  • buat objek sphere pada top pivot dan beri nilai pada radius dan segmenya
  • Cari pada modifier list yaitu FFD(box)
  • . Seleksi tiap titik boxnya dan beri nilai pada select and move Hingga membentuk bagian seperti kepala. Lihat gambar disamping
  • Kemudian konversikan menjadi editblepoly dan pada bagian(tmpat dibuat mulutnya) diseleksi dan klik kotak kecil bevel dan beri nilai sampai membentuk seperti mulut jika kita lihat dari left pivot.
  • Aplikasikan perintah cut pada bagian yang akan dijadikan tempat hidung dan seleksi bentuk seperti bolongan kecil hidung.
  • Lakukan hal yang sama pada bagian sebelahnya.
  • Aplikasikan polygon dibagian blakang kepala dan seleksi dan klik extrude dan isi nilai extrusion heightnya dan buat kepalanya agar mempunyai leher,lalu aplikasika Mesh Smooth.

  • Untuk membuat mata caranya adalah seleksi tempat yang akan dijadikan sebagai tempat mata, klik bevel dan beri nilainya agar terlihat seperti lubang lalu tekan delete pada keyboard dan lubang tadi terlihat bolong.
  • Buat mata pada sisi satunya.
  • Untuk mengisi bagian dalam kepala maka, buat objek sphere pada top pivot atur radius=6.5 dan segmen = 20. Atur panjang, lebar dan posisi rotasinya.

  • Atur posisinya pada rangka kepala tadi. Bagian yang baru dibuat ditaruh pada bagian dalam dan terlihat hanya pada bagian kerangka yang bolong saja.
  • Untuk membuat bola mata ,maka buat objek sphere, dan tempat kan pada top pivot ,atur radius dan segmenya agar terlihat seperti bola mata.
  • Atur posisinya tepat sebagai bola mata.
  • Gandakan pada bagian sebelahnya.

  • Tampilkan objek tubuh
  • Atur posisi kepala pada bagian yang tepat dan sesuaikan pada tubuhnya.

  • Setelah semuanya selesai qt atur posisi kamera dan cahaya agar gambarnya terlihat.
  • Setelah iru kita bisa melihat hasilnya dengan cara klik tab render, dan pilih render.
  • SELESAI.....

Untuk melihat hasi dari pembuatan character 3D yang kita buat dengan 3D Max 2009, dapat di download dengan mengklik link berikut :

http://www.ziddu.com/download/7903981/Raku-Raku.rar.html


Maka selesailah pembuatan character 3D dari Ruka...
Pengembangan dari permodelan ini lain kali akan dilanjutkan kembali....

4 komentar: